Kesalahan-Kesalahan yang Sering Tidak Kamu Sadari Ketika Memilih Busana dan Cara Mengatasinya

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Tidak Kamu Sadari Ketika Memilih Busana dan Cara Mengatasinya

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Tidak Kamu Sadari Ketika Memilih Busana dan Cara Mengatasinya
Sabtu, 09 Maret 2024
Fashion adalah seni, dan kamu bebas untuk berekspresi. Berpenampilan menarik adalah bentuk cinta terhadap diri sendiri. Tentu saja kepercayaan diri akan tercipta semestinya, apabila kamu menggunakan paduan busana yang nyaman.

Sudahkah kamu merasa tampil percaya diri? atau malah sebaliknya?. Apabila kamu memiliki kepercayaan diri yang rendah ketika hendak berpakaian, mungkin saja hal tersebut dapat terjadi karena kamu sering melewatkan detail-detail kecil ketika memilih pakaian. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering tidak kamu sadari ketika memilih pakaian.

Simak sampai akhir agar tidak terulang!

Berat dan Bahan Kain

    Faktor pertama yaitu berat serta bahan pada kain, bahan kain yang tidak menerawang dipastikan memiliki karakter kain tebal dengan benang-benang yang padat sehingga tidak akan menerawang. Sangat wajar apabila terdapat perbedaan harga pakaian, walaupun model pakaian tersebut serupa, alasannya karena bahan yang digunakan pasti tidak sama. Harga setiap meter kain akan berbeda-beda sesuai jenis dan warnanya. Harga tidak selalu menentukan kualitas bahan pakaian, kamu perlu memperhatikan deskripsi produk sebelum membelinya agar tidak kecewa.


Pola Jahitan dan Pakaian

    Perhatikanlah lingkaran berwarna kuning pada gambar di bawah ini. Secara sekilas, tidak ada yang aneh dengan kemeja bermotif kotak-kotak, kemeja ini sering kita jumpai. Atau bahkan kamu memilikinya?

   Sebenarnya, kesalahan ini terletak pada pola jaitan saku yang tidak pas dengan motif kemeja, hal ini sering diabaikan. Kesalahan pada detail kecil seperti ini akan membuat look fashionmu terlihat murahan, karena terkesan dijait dengan tidak teliti. Sebaiknya, pilihlah pakaian dengan pola yang sejajar, sehingga terlihat rapih.


Kancing-kancing

   Selanjutnya, bentuk serta warna kancing yang digunakan. Tidak jarang, saya menjumpai kancing terpasang pada pakaian namun warna serta bentuk kancing tersebut tidak match dengan warna kain hingga model pakaian tersebut. Hal ini menjadikan faktor ketiga mengapa termasuk dalam kategori ‘kesalahan’ yang perlu dihindari ketika akan memilih pakaian. Kamu dapat memilih pakaian dengan bentuk kancing yang pas, pastikan ukuran kancing tersebut tidak kebesaran atau sebaliknya, perhatikan pula warna kancing yang digunakan.


Paduan Warna pada Busana

   Terakhir, perhatikanlah warna pakaian yang sedang kamu kenakan, apakah sudah terlihat serasi? atau warna-warna tersebut tidak serasi ketika digunakan?

   Kesalahan ini sering terjadi pada kehidupan sehari-hari, mengalami kebingungan ketika memilih warna pakain adalah hal yang normal. Akan tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan melihat colour palette, mencari referensi pada internet, dan mencoba trial error, sehingga kamu akan terlatih dan terbiasa ketika ingin menggunakan busana.

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Tidak Kamu Sadari Ketika Memilih Busana dan Cara Mengatasinya
Oleh