Filosofi Batagor sebagai Makanan Tradisional di Indonesia

Filosofi Batagor sebagai Makanan Tradisional di Indonesia

Filosofi Batagor sebagai Makanan Tradisional di Indonesia
Kamis, 22 Februari 2024
    Di Indonesia, keberadaan makanan tradisional masih bertahan. Salah satu makanan tradisional tersebut adalah batagor. Kata “batagor” sendiri merupakan singkatan dari ‘bakso, tahu goreng’ yang artinya bakso dan tahu yang digoreng. Selain rasanya yang nikmat, batagor juga mewakili keragaman kuliner dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Pertama, batagor mencerminkan keragaman kuliner di Indonesia, dimana masyarakat Indonesia menyukai makanan dengan berbagai macam rasa, seperti asin, manis, dan pedas. Batagor merupakan salah satu contoh makanan yang memiliki beragam rasa dalam satu porsi. Selain rasa batagornya yang khas, enak dan gurih, harga batagornya sendiri tergolong murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan. Biasanya masyarakat menjadikannya sebagai jajanan sehari-hari karena batagor banyak dijumpai di pedagang kaki lima, hal ini membuat batagor mudah dijangkau oleh banyak orang. Hal ini mewakili budaya jajanan kaki lima yang dinamis dan aktif di Indonesia.

    Lalu, adapun manfaat mengkonsumsi batagor yang didapat dari ikan tenggiri yang digunakan adonannya, ikan tenggiri mengandung protein yang tinggi. Baik untuk menutrisi jaringan tubuh, menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan massa otot, dan mencegah rambut rontok. Batagor biasanya disajikan dengan sambal kacang yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B, vitamin E, magnesium, dan zat besi. Kemudian, tahu berbahan dasar kedelai juga mengandung protein nabati sebagai sumber protein sehat yang cenderung rendah lemak jenuh dan kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung.

    Singkatnya, batagor merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia. Perpaduan antara bakso goreng dan tahu, batagor terkenal dengan cita rasa yang beragam dan harga yang terjangkau. Dikenal mudah dijangkau, batagor sering ditemukan di pedagang kaki lima dan menjadi jajanan populer sehari-hari. Terbuat dari ikan tenggiri, batagor kaya akan protein yang bermanfaat untuk jaringan tubuh, kekebalan tubuh, massa otot, dan mencegah rambut rontok. Sering disajikan dengan saus kacang yang mengandung vitamin B, E, magnesium dan zat besi. Tahu berbahan dasar kedelai juga merupakan sumber protein nabati yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
Filosofi Batagor sebagai Makanan Tradisional di Indonesia
Oleh