Rahasia Kulit Sehat: 5 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit

Rahasia Kulit Sehat: 5 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit

Rahasia Kulit Sehat: 5 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit
Sabtu, 17 Februari 2024
        Halo, girls! Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata ‘skincare’. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini penggunaan skincare atau perawatan kulit adalah kewajiban bagi setiap individu, karena banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan apabila rutin memakai produk perawatan kulit. Brand lokal merambah pada marketplace dengan memproduksi berbagai jenis produk khusus untuk perawatan kulitmu, girls. Kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Ingredient yang digunakan dipastikan dapat bersaing dengan produk luar negeri.

“Gimana ya cara pilih skincare yang cocok?” Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas dalam pikiranmu. Sekarang gak perlu worry lagi, girls! Artikel ini diperuntukkan untuk kamu yang sering kesulitan ketika hendak membeli produk perawatan kulit. Berikut ini adalah tipsnya...
        1. Kenali Tipe Jenis Kulitmu
      Langkah dasar yang paling utama adalah kamu harus mengenali apa jenis kulitmu. Umumnya, terdapat 4 tipe jenis kulit.
         a. Normal
        Biasanya, pemilik tipe jenis kulit normal memiliki tekstur kulit wajah yang terasa halus, tidak terlalu kering maupun berminyak.
         b. Berminyak
        Tipe kulit ini mudah sekali berjerawat dan mengalami breakout. Ciri lainnya dari tipe kulit wajah berminyak adalah terasa berminyak ketika disentuh.
         c. Kering
        Karena terlalu kering, wajah seringkali terasa tertarik.
         d. Kombinasi
        Jenis tipe kulit kombinasi merupakan perpaduan antara normal, berminyak, dan kering. Apabila kamu merasa berminyak pada area jidat, hidung, dan dagu, lalu pada area wajah lainnya adalah kering atau cenderung normal, maka dapat dipastikan kamu memiliki jenis tipe kulit kombinasi.

      Girls, sangat penting untuk mengetahui apa jenis tipe kulit wajahmu, karena produk perawatan kulit yang beredar biasanya memiliki manfaat tertentu yang disesuaikan bagi berbagai macam tipe jenis kulit wajah.

        2. Cari Tahu Kebutuhan Kulitmu
          Langkah kedua adalah mencari tahu kandungan apa yang kulitmu butuhkan. Saat ini, ingredient sudah semakin beraneka ragam, dan tentu saja perlu disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, girls. Memakai berbagai macam jenis produk skincare adalah cara terbaik untuk merawat kulit, namun apabila kamu hanya memakai CTMP a.k.a (cleanser, toner, moisturizer, protection) saja, sudah cukup kok!

        3. Teliti dalam memilih Ingredient
          Sudah mengetahui kebutuhan kulitmu? Sekarang saatnya menentukan bahan-bahan perawatan kulit yang akan kamu gunakan, girls!
          Tambahan catatan untukmu, girls: Biasanya, terdapat klaim persentase pada kemasan, sebagai contoh “Niacinamide 10%”. Semakin tinggi angkanya, hal tersebut menandakan semakin banyak bahan tertentu yang mendominasi. Akan tetapi, hal tersebut dapat berdampak buruk apabila terdapat reaksi negatif pada kulitmu. Maka, untuk meminimalisir hal tersebut, kamu dapat mencoba ingredient dengan persentase yang rendah terlebih dahulu. Ada pula kandungan skincare yang dianjurkan apabila digunakan ketika malam hari saja, atau sebaliknya. Produk peeling tidak baik apabila digunakan setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan membuatnya semakin sensitif.

        4. Konsultasi dengan Ahli
          Tips yang keempat, sebelum memilih produk perawatan kulit adalah dengan berkonsultasi kepada yang ahli dalam bidangnya. Dengan begitu, kamu akan mendapat saran dan rekomendasi yang tepat dan akurat, girls.

        5. Konsisten dan Sabar
          Untuk mendapatkan kulit sehat, bukanlah perjalanan yang singkat. Kamu memerlukan kesabaran. Produk perawatan kulit yang tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya tidak dapat merubah kulit secara instan. Konsistensi merupakan kunci utama dalam hal ini. Kamu dapat menguji produk tersebut secara bertahap pada kulitmu. Umumnya, perlu minimal 14 hari untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok denganmu atau kamu harus memutuskan untuk berhenti menggunakannya.
Rahasia Kulit Sehat: 5 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit
Oleh