Dampak Overthinking dan Cara Mengatasinya

Dampak Overthinking dan Cara Mengatasinya

Dampak Overthinking dan Cara Mengatasinya
Senin, 29 Januari 2024
Sumber Gambar: https://pin.it/1TEzjZHmX
        Seseorang yang mengalami overthinking seringkali memiliki banyak pertanyaan di dalam kepalanya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi banyak hal, mulai dari pertanyaan serius hingga tanda tanya yang seharusnya tidak perlu dipikirkan, misalnya “Gimana ya rasanya jadi ikan?” atau “Air kelapa asalnya dari mana ya?”. Overthinking dan segala pertanyaan memang terlihat simple, tetapi akan berdampak bagi orang yang mengalami overthinking secara berlebihan. Overthinking tidak hanya tentang sesuatu yang belum terjadi, hal ini berlaku pula pada hal yang sudah terjadi di masa lalu. Memikirkan sesuatu secara berlebihan dan mendetail akan mempengaruhi kesehatan mentalmu.

Dampak Negatif Overthinking

  1. Menambah Masalah
        Apabila kamu selalu dikalahkan oleh overthinking dan membiarkan dirimu dipenuhi oleh emosi negatif, maka kamu akan tetap terus menerus merasa tidak bahagia. Hal ini dapat menyebabkan kamu sulit berkonsentrasi, produktivitas menurun, dan hubungan dengan orang lain menjadi terganggu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk belajar mengendalikan pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif. Dengan melakukan hal ini secara rutin, kamu akan mampu menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam diri sendiri.

  2. Membuat Masalah Ringan menjadi Berat
        Setiap individu pasti pernah mendapatkan masalah, masalah merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Ketika kamu mengalami overthinking, besar kemungkinan akan menciptakan masalah yang tadinya ringan menjadi berat. Alasannya karena ketika seseorang yang sedang overthinking maka ia akan mengalami hal-hal berikut.
    a. Panik
    b. Khawatir
    c. Cemas
    d. Sulit tidur
    e. Tidak percaya diri
    f. Depresi

  3. Idealisme Berlebihan
        Kamu percaya bahwa dengan hanya bekerja keras akan mewujudkan keinginanmu. Kenyatannya, untuk mewujudkan impian yang kamu miliki perlu menempuh perjalanan panjang dan tidak mudah terwujud apabila hanya dengan bekerja keras saja. Pikiran idealismu mengalahkan pikiran rasionalitasmu, hal tersebut akan membuatmu kecewa.

Dampak Positif Overthinking

  1. Penuh dengan Strategi dan Detail
        Karena seringkali mengalami overthinking, membentuk dirimu menjadi sosok yang handal dalam merencanakan sesuatu. Kamu akan mengumpulkan segala pertanyaan dan mencari data sesuai fakta sebagai pertimbangan ketika kamu hendak mengambil keputusan.

  2. Tidak Akan Mudah Percaya kepada Orang Lain
        Kamu selalu memakai logika ketika berpikir, pemikiran secara rasaional dan reflektif pun sangat membantu dirimu ketika dihadapkan oleh orang yang sering menebarkan jani-janji atau bahkan membicarakan hal yang hiperbola. Kamu akan menepis segala omongan tak masuk akal dengan tetap berpikir secara rasional.

  3. Tingginya Rasa Empati
        Selalu memikirkan secara mendalam yang akan kamu lontarkan kepada orang lain menjadikan dirimu sebagai pribadi pemilik empati tinggi. Karena kamu takut apabila perkataan maupun tindakanmu menyakiti orang lain.

Cara Mengatasi Overthinking

  1. Berdamailah dengan Diri Sendiri
        Menerima kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu berarti kamu menghargai, menyayangi serta mencintai dirimu secara tulus. Kamu harus berdamai pada segala kekurangan dan hal-hal yang sudah kamu alami. Nikmati proses dari segala hal yang sudah berhasil kamu lewati karena pengalaman pada masa lalu itulah yang membentuk dirimu saat ini.

  2. Mengontrol Reaksi
        Melatih pikiran ketika dihadapi persoalan dengan cara mencari pemicunya untuk langsung melihat ke akar dan segera mencari solusinya. Hal tersebut akan bermanfaat ketika kamu dalam kondisi yang mendesak.

  3. Melatih Mindfulness
        Menerapkan mindfulness kamu akan menjadikan dirimu lebih sadar, meningkatkan kesehatan mental, membantu mengatasi gangguan kecemasan, dan mengurangi tingkat stress.

  4. Berfikir Positif
        Untuk berpikir jernih dan tetap berusaha positif saat mendapat masalah bukanlah hal yang mudah, namun hal ini dapat kamu latih. Kamu akan merasakan ketenangan ketika menerapkannya, hal ini adalah jalan pintas untuk menghadapi masalah serta mencari Solusi terbaik.

Dampak Overthinking dan Cara Mengatasinya
Oleh